Untuk Bimtek, DPRD Bulungan Gandeng Unila

Untuk Bimtek, DPRD Bulungan Gandeng Unila

449 views
0
SHARE

Kabarone.com, Bulungan – DPRD Kabupaten Bulungan  menyambut baik kerja sama LPPM Unila dengan DPRD BulunganTerkait bimbingan tekhnis (Bimtek) tentang pembuatan Peraturan Daerah.

“ Dengan bimbingan serta penyampaian materi yang terarah kedepan dapat menambah wawasan bagi anggota DPRD serta meningkatkan Kinerja Anggota Dewan, “ terang Syarwani, Ketua DPRD Kabupaten Bulungan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala LPPM Unila, Admi Syarif, menjelaskan, pada mulanya bimtek bagi anggota DPRD digelar oleh Kemendagri. Namun, pemerintah pusat menilai perguruan tinggi negeri (PTN) mampu menjalankan peran dalam mencetak legislator andal.

Maka mulai tahun ini, bimtek dilimpahkan ke PTN melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Pelaksanaan bimtek, lanjut Admi, akan diberikan kepada berbagai anggota legislatif di tiap kabupaten/kota. Mulai dari Kabupaten Lampung Barat, Kota Bandarlampung, dan kabupaten/kota lainnya.

Dalam kegiatan yang digelar Kamis-Jumat (26-27/2) lalu itu, tim bimtek menyampaikan beberapa materi tentang Pancasila, Demokrasi, dan Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Dekan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila Agus Hadiawan. Lalu, Sistem Pemerintahan Indonesia oleh Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unila Denden K Drajat.

Berikutnya, materi Substansi Perpu 1 Tahun 2014 Tentang Pilkada oleh Pengamat Politik Hertanto; serta Wewenang, Tugas dan Fungsi Tata Tertib DPRD oleh Dosen Ilmu Pemerintahan Ari Darmastuti.

Pemaparan materi di hari kedua disampaikan oleh Armen Yasir mengenai Sistematika Peraturan Pemda. Kemudian Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Habibullah Jimad, Pemberantasan KKN oleh Dekan Fakultas Hukum (FH) Heryand, serta Hubungan DPRD dan Pemda oleh Guru Besar Ilmu Administrasi Negara FISIP Unila Yulianto. (*)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY