UKS Memiliki Peran Penting Dalam Menciptakan Lingkungan Sehat Di Sekolah

UKS Memiliki Peran Penting Dalam Menciptakan Lingkungan Sehat Di Sekolah

684 views
0
SHARE

Kabarone.com, Bulungan – Pj Bupati Bulungan, Syaiful Herman menyampaikan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat serta menanamkan kesadaran hidup sehat bagi anak didik. Menurutnya, UKS memiliki peran penting karena mencakup tugas dan fungsi 4 satuan kerja, mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Badan Lingkungan Hidup hingga Kementerian Agama.

“Gerakan Sehat kita mulai dari keluarga dan sekolah, salah satunya melalui UKS di tiap-tiap sekolah di Bulungan,” ungkap Pj Bupati Bulungan, Syaiful Herman saat membuka rapat kerja tim pembina UKS ke IV di ruang serbaguna Kantor Diklat Bulungan, Jum’at (20/11).

Lebih lanjut Saiful menyebutkan, bahwa makna dari peringatan Hari Kesehatan Nasional pada 12 November lalu yaitu menjadi momentum gerakan kesehatan yang dimulai dari upaya pencegahan pencegahan penyakit. Amanat Menteri Kesehatan RI juga meminta masyarakat untuk meninggalkan cara-cara lama yaitu mengobati setelah terjadinya penyakit.

“Fungsi UKS ini tidak hanya menciptakan lingkungan sekolah yang sehat tapi juga dapat menanamkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan serta mencegah terjadinya penyakit kepada anak didik sejak dini,” imbuhnya.

Dengan demikian UKS dapat menjadi salah satu penggerak menciptakan lingkungan yang sehat, mulai dari sekolah, meningkat ke kecamatan, kabupaten hingga terwujudnya Indonesia Sehat. Pj Bupati pun berpesan agar raker tim pembina UKS yang berlangsung selama 2 hari, 20 – 21 November 2015 dapat menyusun dan  merumuskan program kerja yang benar-benar dapat meningkatkan peran UKS dalam bidang kesehatan.

“Ini yang dimaksud dengan raker atau rapat kerja yaitu kita memeras otak untuk menyusun program kerja selama beberapa tahun ke depan,” tandasnya.

Ketua I TP UKS Bulungan, Jamaluddin Saleh dalam kesempatan sama menambahkan, raker turut melibatkan tim pembina UKS kecamatan serta kepala sekolah se-Bulungan agar program kesehatan yang dihasilkan nantinya dapat berjalan optimal dan memberikan hasil nyata.

“Kita juga memberikan penghargaan dan hadiah lomba sekolah sehat sebagai stimulus atau memacu agar sekolah-sekolah dapat meningkatkan peran di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Penghargaan sekolah sehat diberikan mulai tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan sekretariat tim pembina UKS kecamatan tergiat se-Bulungan tahun 2015. Ada pula penyerahan bantuan stimulan kepada tim pembina UKS kecamatan se-Bulungan dan penyerahan penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Bulungan. (Mudi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY