Sambut HUT Kaltara yang Ke-4, Dispora Kaltara Gelar Lomba Ketinting dan Gowes

Sambut HUT Kaltara yang Ke-4, Dispora Kaltara Gelar Lomba Ketinting dan Gowes

341 views
0
SHARE

Kabarone.com, Tanjung Selor – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), sejumlah Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara akan menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang akan menghelat Lomba Ketinting dan Perahu, serta Gowes Bersama pada 22 dan 23 April mendatang.

Seperti dikatakan Kepala Dispora Kaltara, Haerumuddin, selain untuk merayakan HUT ke-4 Kaltara, lomba ini digelar juga untuk mencari bibit atlet potensial dari wilayah Kaltara, secara tidak langsung.

“Setelah bibit atlet ini terpantau, akan diberdayakan dan dibina untuk menjadi pionir pejuang olahraga bagi Kaltara. Dan, kelak akan membawa bendera Kaltara di berbagai event olahraga yang digelar, baik di tingkat nasional hingga internasional,” kata Haerumuddin.

Tak itu saja, dua perhelatan perayaan HUT ke-4 Kaltara ini juga bertujuan untuk memberikan apresiasi secara langsung kepada insan dan bibit atlet yang akan berlaga nantinya. “Kita juga berharap dapat mempunyai data soal atlet dan bibit atlet yang ada di Kaltara, melalui acara seperti ini,” ungkapnya.

Dirincikannya, untuk lomba ketinting dan perahu akan digelar pada 22 April, sementara Gowes Bersama pada 23 April. Adapun lokasi perhelatan lomba ketinting dan perahu berada di Sungai Kayan, Tanjung Selor. Sedangkan trek atau lintasannya masih dalam tahap evaluasi, meski ada dua titik yang diusulkan. Yakni lintasan dari Jembatan Sungai Kayan hingga Pelabuhan Kayan I, dan lintasan dari wilayah Kampung Arab hingga Tugu Cinta Damai.

“Untuk gowes, titik start dan finish berlokasi di Lapangan Agatish,” urai Haerumuddin.

Untuk lomba ketinting dan perahu, Dispora menyiapkan dua mata lomba. Yaitu, kelas 5,5 hingga 6,5 PK (panjang perahu sekitar 2 meter), dan kelas 12 PK (panjang perahu 6 sampai 7 meter).

“Khusus lomba perahu dayung, pesertanya tim sebanyak 20 orang,” jelas Haerumuddin. Untuk menggairahkan khalayak, Dispora menyediakan hadiah total untuk lomba ketinting dan perahu sebesar Rp 57 juta.

Diungkapkan Haerumuddin, registrasi peserta lomba ketinting dan perahu serta gowes bersama dimulai sejak kemarin (10/4) hingga 20 April.(humas)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY