Ratusan Warga “Serbu” Kantor Disdukcapil Kabupaten Cirebon

Ratusan Warga “Serbu” Kantor Disdukcapil Kabupaten Cirebon

35 views
0
SHARE

Kabarone.com, Cirebon – Sejak pagi “buta” ratusan masyarakat berbondong bondong mendatangi kantor Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon antri mau mencetak Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
Kedatangan mereka bukan untuk aksi unjuk rasa, akan tetapi masyarakat tersebut ingin memiliki indentitas berupa KTP elektronik, kata Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Drs. H. Abdul Latip, MM kepada media ini Senin , 11 Desember 2017 di ruang kerjanya.
Menurut Abdul Latip sekitar 148 ribuan KTP Elektronik warga Kabupaten Cirebon yang sudah terekam dari tiap-tiap kecamatan belum tercetak. ” Menumpuk nya KTP elektronik yang belum tercetak, penyebab nya karena adanya kendala suatu persoalan bahan baku,” ungkapnya.
Baru sekarang bahan KTP elektronik tersedia di Disdukcapil. Namun untuk proses cetak KTP elektronik tidak serta merta asal langsung main cetak. Akan tetapi sebelumnya masyarakat melakukan perekaman terlebih dahulu di kecamatan masing-masing, terangnya.
Kemudian data warga yang sudah terekam dikirim ke center pusat. Selanjutnya data perekaman setelah proses verifikasi di center pusat akan dikirimkan lagi ke Disdukcapil. Meski data sudah di validasi masih ada tahapan untuk dapat dicetak KTP elektronik, paparnya.
Dari data yang sudah di verifikasi oleh center pusat sebanyak 148 KTP elektronik. Namun sudah siap cetak baru sekitar 108 ribuan. Sedangkan sisanya sebanyak 48 ribu KTP elektronik yang masih menunggu print, katanya.
Meski demikian dari 108 KTP elektronik yang sudah siap dicetak, akan tetapi kemampuan mesin cetak di Disdukcapil sehari sekitar 1000 KTP elektronik. Itupun kalau kalau lancar (tidak eror), ungkapnya.
Untuk dapat melayani KTP elektronik masyarakat Kabupaten Cirebon yang tersebar di 40 kecamatan, maka pihaknya mengatur untuk pelayanan kolektif dari 40 kecamatan sekitar 750 KTP elektronik dan sisanya 250 KTP elektronik untuk pelayanan langsung, terangnya.
Jadi bagi masyarakat yang sudah membutuhkan pelayanan KTP elektronik yang sudah melakukan perekaman di kecamatan dengan membawa surat keterangan dapat mengambil nomor antrian untuk dapat cepat cetak KTP elektronik. ” Untuk pelayanan langsung tersedia 250 KTP elektronik siap cetak setiap harinya,” pungkasnya. (Mulbae)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY