Perlu Ada Peningkatan Kinerja Pembinaan PKK

Perlu Ada Peningkatan Kinerja Pembinaan PKK

164 views
0
SHARE

Kabarone.com, Kaltara- Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan seluruh kader Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) di seluruh tingkatan dan menciptakan profesionalitas kader TP-PKK dalam menjalankan tugasnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerjasama dengan TP PKK Pusat dan TP PKK Provinsi Kaltara menggelar Rencana Aksi Penguatan Kelembagaan PKK dalam Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie dan Sekretaris Umum TP PKK Pusat Rosi Rozana, serta dibuka langsung oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri Yuliati, di Hotel Crown, Senin (12/6).

Gubernur mengatakan, Provinsi Kaltara sebagai provinsi baru mempunyai wilayah dengan berbagai kecamatan, desa dan kelurahan yang merupakan ujung tombak dari gerakan PKK yang turun langsung membina masyarakat di wilayah masing-masing. “Untuk itu, perlu merencanakan dan melaksanakan langkah konkrit untuk memperkuat pengorganisasian atau kelembagaan PKK sebagai lembaga masyarakat yang andal,” katanya.

Penguatan kelembagaan PKK tersebut, kata Gubernur, harus dilakukan dengan meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan TP-PKK itu sendiri, sehingga keberadaan TP-PKK sebagai mesin penggerak seluruh gerakan PKK dapat berjalan dengan baik dan kinerja PKK dirasakan langsung oleh masyarakat.

TP-PKK juga sering dihadapkan pada permasalahan serius. Seperti halnya, pelaksanaan program prioritas sebagaimana telah ditetapkan (faktor eksternal) yang mengacu pada kemandirian masyarakat untuk menjadikan masyarakat berdaya dan sejahtera. Kemudian, penguatan kelembagaan PKK agar mampu menjaga kualitas kinerjanya dan mewujudkan pelaksanaan program sebagaimana telah ditetapkan (faktor internal).

“Jadi, penguatan kelembagaan dinilai memerlukan perhatian yang lebih serius, disebabkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta perkembangan komunikasi dan informasi yang sedemikian terbuka di era global ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kaltara Hj Rita Ratina Irianto mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan agar seluruh kader TP PKK untuk terus meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan memberdayakannya disetiap menghadapi masalah untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. “Agar PKK mampu memenuhi tuntutan perubahan, tak ada cara lain selain melakukan langkah yang berimbang antara penguatan kelembagaan dan melaksanakan program dan kegiatan kemasyarakatan,” katanya.

Hal ini menurut Hj Rita, sehubungan dengan program prioritas PKK dengan tujuan untuk memberdayakan PKK dan kader sebagai mitra kerja pemerintah bergerak sejalan dengan program-program pembangunan. “Memenuhi hal ini dan dalam era ini menuntut untuk selalu belajar serta diharapkan juga dapat saling menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama kader PKK serta dengan harapan agar dapat lebih profesional dalam menjalankan tugas,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, diberikan sejumlah bantuan langsung berupa barang kepada masyarakat Bumi Rahayu, Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, bantuan ayam untuk “Kampung Ayam” Desa Sajau Hilir Kabupaten Bulungan, bantuan bibit cabai untuk “Kampung Cabai” Desa Wonomulyo SP 3 Kabupaten Bulungan, bantuan Bina Keluarga Lansia (BKL) Kit Posyandu Sejahtera , Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tanjung Palas.(hms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY