Pemprov Kaltara Fokuskan 5 Program Prioritas Pembangunan

Pemprov Kaltara Fokuskan 5 Program Prioritas Pembangunan

182 views
0
SHARE

Kabarone.com, Jakarta – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Irianto Lambrie menyatakan, Provinsi Kaltara fokus pada 5 program prioritas pembangunan. Yakni, pemenuhan energi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pertanian.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan perencanaan pembangunan tidak sekedar rutinitas dan terlalu banyak.

Disampaikan Irianto yang ditemui usai mengikuti pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4), keinginan Presiden itu sebenarnya telah dilakukan oleh Kaltara.

Irianto mengatakan, perencanaan pembangunan seperti yang disebutkan Presiden, tidak mesti harus dibagi rata kepada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Sudah sudah pernah menyampaikan itu (memfokuskan pada beberapa program prioritas). Hal ini agar program yang kita laksanakan bisa lebih fokus dalam satu tahun, dua tahun atau empat tahun ke depan sampai tuntas,” ujar Irianto.

Di Kaltara, kata Irianto, sudah diarahkan pada beberapa prioritas saja. Namun penentuan programnya bukan hanya pemerintah daerah, namun juga ada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang berkewenangan mengusulkan program. “Sebagai daerah yang baru, fokus utama Kaltara adalah pemenuhan energi dan infrastruktur. Dengan adanya energi, investasi akan masuk, dan secara otomatis perekonomian bakal meningkat,” jelas Irianto.

Musrenbangnas 2017 sendiri dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden menyoroti Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dinilainya belum fokus. “Saya ingatkan bahwa sudah bertahun-tahun anggaran kita tidak pernah fokus. Perencanaan kita tidak pernah fokus, dan tidak memiliki prioritas yang jelas,” kata Presiden di depan para menteri kabinet kerja, pimpinan lembaga negara, gubernur serta bupati dan walikota se-Indonesia.

Disebutkan Presiden, mulai dari kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, mengalokasikan anggaran ke banyak pos. Hal ini menunjukan penganggaran yang sekedar rutinitas, tidak berupaya melakukan terobosan. “Yang namanya prioritas, yang namanya fokus, itu di bawah tiga (program anggaran) saja. Atau kalau masih sulit, ya di bawah lima lah. Jangan semuanya menjadi prioritas,” urai Presiden.

Presiden mencontohkan, pemerintah pusat kini memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan keterbukaan investasi. Dengan demikian, fokus anggaran hanya kedua program itu, selain belanja tetap semisal belanja pegawai dan sebagainya.

Musrenbangnas akan digelar selama beberapa hari. Provinsi Kaltara sendiri, dijadwalkan baru akan membahas usulannya dalam forum diskusi pada Musrenbangsnas 2 Mei mendatang. “Sesuai hasil Musrenbang Provinsi beberapa waktu lalu, kita lebih prioritaskan pada infrastruktur, pendidikan, kesehatan. Termasuk energi, sesuai arahan gubernur,” kata Fredrick Ellia Gugkang, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kaltara.(hms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY