Nelayan Sungailiat Minta Panitia KIP Dibubarkan

Nelayan Sungailiat Minta Panitia KIP Dibubarkan

122 views
0
SHARE

Kabarone.com, Bangka – Lebih dari 30 orang mengaku nelayan, (08/01/2018) mendatangi Kantor Camat Sungailiat, Kabupaten Bangka, Babel. Kedatangan mereka untuk yang kesekian kalinya guna menyampaikan aspirasi terkait kegaduhan antara nelayan dengan Ketua Panitia Dana Konpensasi Kapal Isap Produksi (KIP), yang menambang mineral timah diperairan laut Sungailat, Ratno Daeng Mappiwali, mengenai pembagian dana konpensasi.

Sebagaimana informasi yang Kabarone.com dapatkan, para nelayan tersebut ingin agar dana yang terkumpul secepatnya dibagikan kehampir 4000 orang nelayan yang terdaptar. Namun pihak Panitia Dana Konpensasi KIP melalui surat edaran yang dibagikan kepada sejumlah Kepala Lingkungan (Kaling), dana baru bisa dibagikan pada tanggal 15 Februari 2018. Hal ini mereka anggap tidak lazim. Padahal sebagaimana kebiasaan panitia lama selama bertahun-tahun, dana tersebut dibagikan setiap akhir Desember. Kejadian molornya rencana pembagian dana baru terjadi pada masa sekarang.

Nelayan juga ingin, karena Panitia KIP yang belum lama terbentuk beberapa bulan tersebut dibubarkan saja karena telah membuat nelayan resah. Dalam hal ini mereka ingin pertanggungjawaban Pemerintah terutama Kantor Kecamatan Sungailiat, sebab telah meloloskan Ratno Daeng sebagai kandidat Ketua KIP dalam pemilihan sekitar bulan Agustus 2017 lalu. Padahal Ratno Daeng adalah seorang PNS di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka. Saat itu Camat Drs. Suhardi telah diingatkan, namun Suhardi beralasan kalau dia tidak mengetahui Ratno Daeng adalah PNS. Dalam Tatib pemilihan yang dibuat, syarat calon ketua adalah nelayan. Sehingga dinilai akibat cacat dalam pemilihan tersebut, mengakibatkan timbulnya gejolak. Dan secara moral pihak Kantor Kecamatan diminta bertanggung-jawab terhadap sejumlah kegaduhan itu.

Dalam pertemuan itu, mengingat Camat Drs. Suhardi sedang tidak berada ditempat, perwakilan nelayan diterima oleh Kasie Pemerintahan. Terhadap keinginan nelayan, pihak Kantor Kecamatan berjanji akan memanggil Ratno Daeng pada Kamis (11/01/2018). Dalam penyampaian aspirasi tersebut pihak nelayan terbagi 2 kelompok. Selain di Kantor Camat Sungailiat, kelompok lain juga mendatangi Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka. (Suhardi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY