120 Calon Kades se-Lamongan Tandatangani Deklarasi Damai

120 Calon Kades se-Lamongan Tandatangani Deklarasi Damai

404 views
0
SHARE

Kabarone.com, Lamongan – Sebanyak 120 calon Kepala Desa se Kabupaten Lamongan melakukan penandatanganan deklarasi damai di Pendopo Lokatantra, Kamis (14/7).

Penandatanganan deklarasi damai oleh seluruh calon Kades itu disaksikan oleh Bupati Fadeli, Wabup Kartika Hidayati, bersama Ketua DPRD Kaharudin, Kapolres AKBP Juda Nusa Putra, Dandim 0812 Letkol Inf Jemz Andre Ratu Edo, dan Kajari Akhmad Patoni.

Sebagaimana diketahui, Lamongan menjadi satu-satunya kabupaten di Jawa Timur yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 17 Juli 2016 mendatang, yang melibatkan sebanyak 120 calon Kades dari 53 desa yang berada di 22 kecamatan. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Lamongan Fadeli, mengajak seluruh calon kades bersama tim suksesnya untuk siap menang dan kalah sehingga pelaksanaan pilkades serentak ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kita kemarin sudah melalui ujian pemilihan bupati dan wakil bupati dengan sukses sehingga berlangsung aman dan kondusif. Saya yakin, Insya Allah, dengan segala kedewasaan, kita juga bisa melalui ujian Pilkades serentak ini sehingga juga berlangsung aman dan kondusif, “ pesan Bupati.

Sementara dikesempatan yang sama, Kapolres Lamongan AKBP Juda Nusa Putra manyatakan bahwa jajarannya siap untuk menjaga Pilkades serentak di Lamongan agar berlangsung aman, tertib dan kondusif.

“Mohon dukunganya agar Pilkades serentak ini bisa berjalan aman, tertib dan kondusif, sebagaimana pemilihan bupati dan wakil bupati kemarin, “ kata dia.

Kapolres menegaskan bahwa pihaknya siap all out mengamankan jalannya Pilkades serentak, sebagaimana perintah dari Kapolda. Kapolres pun mengungkapkan, hampir 1.000 personil yang disiapkan untuk mengamankan jalannya pilkades serentak ini. Terdiri dari sekitar 500 personil Polres, 2 kompi Brimob, 1 kompi Sabhara, jajaran Kodim, Satpol PP dan juga Linmas.

“Di Jawa Timur, hanya Lamongan yang melaksanakan Pilkades serentak. Karena itu menjadi kewajiban kami untuk memberikan rasa aman. Bahkan jika ada calon Kades yang minta pengawalan, akan kami siapkan. Karena dari Polda juga mendukung penuh, “ tegasnya.

Menurut Kapolres, dari hasil pemantauan, tidak ada wilayah yang memiliki kerawanan sangat tinggi. Hanya menurutnya, ada sejumlah wilayah yang harus ada penebalan keamanan, dikarenakan jumlah calon yang banyak dan jumlah pemilih yang banyak seperti wilayah pantura. (Ipl)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY