Nanti, Semua Bandara Akan Dihubungkan Dengan Kota Menggunakan Kereta

Nanti, Semua Bandara Akan Dihubungkan Dengan Kota Menggunakan Kereta

477 views
0
SHARE

Kabarone.com, Sumbar – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, nantinya semua airport atau banda udara (Bandara) di tanah air akan dihubungkan dengan kota. “Semuanya akan dihubungkan dengan, entah kereta api, bisa saja nanti kereta api ringan (ligh rail transit/LRT) atau trem juga bisa, tergantung kotanya,” tegas Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan rel kereta api di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/10) petang.

Untuk Bandara Internasional Minangkabau, Padang sendiri, menurut Presiden Jokowi, akan dihubungkan dengan kereta api. “Untuk tahun depan Insha Allah saya kira sudah selesai, dari stasiun ke kota, dari stasiun disini menuju airportnya dengan sky bridge. Semuanya sudah terencana tahun depan, Insha Allah rampung,” kata Presiden Jokowi.

Bukan hanya Padang, menurut Presiden Jokowi, pembangunan rel kereta api dari kota Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, juga akan selesai tahun depan.

Sementara itu Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan itu mengatakan, sejauh ini pembangunan rel kereta di Bandara Internasional Minangkabau tidak ada masalah. Dari 3,9 kilometer rel yang dibangun, telah diselesaikan 2,9 kilometer.

“Kurang 1 km, saya kira ini soal waktu,” ungkap Jonan.

Menurut Jonan, dari informasi yang diperolehnya, proses pengadaan tanah untuk pembangunan rel kereta dari kota Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau, dan sebagainya, tidak ada masalah.

“Yang penting begini kalau ini dibangun, kan dioperasikan kereta api Indonesia, nah kereta api ini pasti kan butuh personil tambahan untuk ini. Jadi saya sudah minta tolong dirutnya kereta api, untuk warga yang menjual tanahnya di sepanjang lintas itu, nanti setiap keluarga satulah anaknya atau saudaranya itu menjadi pegawai kereta api jadi ikut mengoperasikan,” papar Jonan.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan itu, selain Menhub Ignasius Jonan, juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Hm/Sk)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY