Jalan Trans Kalimantan Hampir Rampung, Gubernur Kaltara Ajak Masyarakat Turut Merawat

Jalan Trans Kalimantan Hampir Rampung, Gubernur Kaltara Ajak Masyarakat Turut Merawat

194 views
0
SHARE
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di jalan poros antara Bulungan - Kabupaten Tana Tidung, Minggu (2/4)

Kabarone.com, Malinau – Gubernur Kalimantan Utara (Kalimantan Utara) Dr H Irianto Lambrie, didampingi sang istri Hj Rita Ratina Irianto melakukan rangkaian kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Malinau, pada hari Minggu (2/4) dan berlanjut hari ini (Senin, 3/4). Dalam perjalanan cukup panjang melewati jalur darat dari ibukota provinsi (Tanjung Selor), Gubernur yang juga diikuti sejumlah pimpinan dan perwakilan OPD (organisasi perangkat daerah), menyempatkan untuk meninjau jalan, sekaligus mengunjungi dan memberikan bantuan kepada masyarakat.

Gubernur mengatakan, masyarakat Kaltara yang berada di sepanjang jalan trans Kalimantan, patut bersyukur karena kondisi jalan yang dulunya kurang bagus, sekarang sudah mulus. Sebagian besar sudah teraspal. Hanya tinggal beberapa titik yang masih dalam pengerjaan.

“Saya sewaktu masih menjadi Penjabat Gubernur, saya sudah pernah melintas jalan ini. Dan tak bagus sekarang. Alhamdulillah, sekarang sudah semakin baik. Tadi dari Tanjung Selor sampai sini lancar. Meski masih ada beberapa dalam pengerjaan. Mudah-mudahan cepat selesai,” ujar Irianto.

Gubernur pun mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut merawat dan menjaga aset pembangunan. Termasuk jalan tersebut. “Warga harus ikut menjaga. Salah satunya jika mengetahui ada kendaraan yang beratnya tidak sesuai dengan kapasitasnya, bisa menegur. Tapi tetap dengan cara yang baik, atau dilaporkan ke pihak kepolisian,” ujar Irianto.

Disampaikannya juga, pembangunan jalan ini merupakan anggaran dari pemerintah pusat. Sebagai bentuk perhatian pemerintah, utamanya presiden kapada Kaltara. “Ini merupakan hasil dari komunikasi, dan networking yang selalu kita bangun dengan pusat. Baik dengan presiden langsung maupun melalui kementerian-kementerian. Sehingga perhatian ke Kaltara diberikan secara penuh,” ujar gubernur.

Irianto juga menyempatkan untuk meninjau langsung progres pembangunan jalan yang bersumber dari APBN dan dana loan atau bantuan luar negeri melalui pemerintah pusat itu.

Menurut laporan dari Satuan Kerja Pembangunan Jalan Nasional (PJN) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat wilayah Kaltara, ditargetkan jalan sudah mulus beraspal semua dari Tanjung Selor hingga Malinau sebelum Idul Fitri tahun ini, atau pertengahan tahun. Dan terus berlanjut pembangunannya sampai ke titik perbatasan Indonesia – Malaysia.

Untuk diketahui, proyek pembangunan jalan trans Kalimantan, untuk tahun 2017 ini dialokasikan anggaran ratusan miliar rupiah. Dengan panjang jalan 426  kilometer lebih, dari Tanjung Selor (Bulungan) hingga Sungai Ular (Nunukan).

Selain meninjau proyek pemerintah, gubernur juga menyempatkan untuk mengujungi warga di beberapa tempat berbeda. Di antaranya di Desa Panca Agung, Tanjung Palas Utara dan di Desa Kelembunan, Kecamatan Sekatak, Bulungan. Dalam kesempatan itu, gubernur menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat kurang mampu, pemuka agama dan juga rumah ibadah.

Bantuan rumah ibadah diberikan untuk pembangunan 2 rumah ibadah di Desa Kelembunan. Masing-masing sebesar Rp 150 juta untuk masjid dan gereja senilai Rp 100 juta.

Selain itu, juga meninjau rumah warga yang mendapat bantuan rehab dari Pemerintah Provinsi Kaltara. Di antaranya rumah Kabul (81 tahun), warga Panca Agung. Dan juga Sarmo (50 tahun) yang rumahnya segera direhab.

Program bantuan rehab rumah bagi warga kurang mampu dialokasikan Pemprov Kaltara tahun 2017 ini kepada sekitar 400 rumah se Kaltara. Tahun sebelumnya teralokasi sekitar 800 rumah. Setiap rumah yang direhab, mendapatkan bantuan sebesar Rp 7,5 juta hingga Rp 15 juta, sesuai dengan kondisinya. “Bantuan diberikan dalam bentuk material. Untuk pembangunannya secara swadaya, gotong-royong warga,” imbuhnya. (humas)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY