Demi Menjaga Keutuhan NKRI, FKDMI akan Gelar Halaqoh Kebangsaan dan Sosialisasi Empat...

Demi Menjaga Keutuhan NKRI, FKDMI akan Gelar Halaqoh Kebangsaan dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

150 views
0
SHARE

Kabarone.com, Jakarta – Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) akan menggelar Halaqoh Kebangsaan dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Aula Masjid Istiqlal Jakarta (19/06/2017). Kegiatan ini bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) yang nantinya akan dihadiri langsung Ketua MPR RI.

Peran da’i dan da’iyah tidak bisa dilepaskan dari sejarah perjalanan bangsa ini, sejak penjajahan hingga merebut kemerdekaan. Sejarah mencatat, para da’I dan ulama lah yang menjadi pelopor dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Belajar dari keteladanan para du’at di masa lalu, maka tidak ada alasan bagi para da’i muda untuk ikut berkomitmen menjaga keutuhan NKRI.

Ketua Umum FKDMI, Ibrohim Achmad Faqih menegaskan, para dai muda wajib berkaca pada perjuangan pendahulunya. KH Hasyim Asyari, Achmad Dahlan, dan bahkan Panglima Besar Jenderal Soedirman, yang memberikan keteladanan dalam mencintai tanah air dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita sedang tidak menjalani perang fisik!” ujar Ibrohim. Namun perang pemikiran dan ideologi yang merambah serta meracuni generasi muda lewat invasi budaya dan teknologi, mengancam keutuhan bangsa ini. Karenanya, tambah Ibrohim, para da’i harus paham betul medan da’wah yang dihadapinya. Pemahaman kebangsaan para da’i harus utuh, termasuk memahami empat pilar yang selama ini kerap disosialisasikan MPR RI.

Sementara itu, Sekjen FKDMI, Moh. Nur Huda mengatakan bahwa Para da’i muda harus sadar bahwa mencintai tanah air, menjaga keutuhannya dan menghindari perpecahan sesama anak bangsa, juga merupakan kewajiban agama.

Keberagaman kita bukan alasan untuk berpecah belah, namun untuk saling mengenal dan menguatkan. Terutama pada dunia yang semakin terbuka seperti saat ini.

Untuk itulah, Da’i harus jadi agen pemersatu bangsa yang hadir dan hidup di tengah masyarakat. Sebagai seorang penyeru ke jalan Allah, da’i berkewajiban menyerukan persatuan ummat. “Karena persatuan ummat merupakan jalan menuju kekuatan!”, ujarnya. Ummat yang kuat menjadi jalan untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI.

Huda juga menegaskan bahwa Halaqoh Kebangsaan dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini mengambil tema “Meneguhkan dan Mengembangkan Peran Dai Muda dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia” yang merupakan rangkaian kegiatan Pra MUNAS FKDMI. Kegiatan ini akan diikuti sebanyak 400 Orang peserta yang terdiri dari kader FKDMI se-Jakarta dengan narasumber terdiri dari Ketua MPR RI, Dr. H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M; Anggota MPR RI, Drs. H. Kuswiyanto, M. Si dan Ketua Umum Yayasan Istiqlal Indonesia, KH. Rusli Efendy, SPd.I,.SE,. M.Si. (*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY