Putera Sumut Kasten Situmorang Layak Sandang Gelar “Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa...

Putera Sumut Kasten Situmorang Layak Sandang Gelar “Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa 2017”

56 views
0
SHARE

Kabarone.com, Jakarta – Keberhasilan serta kesuksesan seseorang dihasilkan dari hasil jerih payah dan usaha yang gigih serta ulet, dibarengi juga dengan do’a kepada Allah yang  Maha Kuasa dan berkehendak, sehingga hasilnya akan selaku dikenang dan diingat sepanjang masa oleh bangsa Indonesia.

Seperti yang dilakukan seorang putera Sitahuru, Sumatera Utara ya..dialah Kasten Situmorang, bapak kelahiran Tanggal 02 Februari 1963 ini banyak menorehkan puluhan prestasi dalam pekerjaannya dimanapun dia mengabdi kepada Negara sebagai Abdi Negara di Republik Indonesia tercinta ini.

keluarga-kasten

Bapak 4 anak, yakni IPDA KEVIN ADRIAN, S.Trk., (Polisi di Polda Metro Jaya), EDWARD RENALDO (Pelajar), NATANAEL RAMOTI (Pelajar), EVAN HAMONANGAN (Pelajar), serta istri tercinta SUSAN RISDAULY, B.Sc, seorang Abdi Negara di Pemda Tangerang, Kasten dalam kehidupannya selalu membawa dan mempunyai visi  “Menjadi hidup yang berguna bagi banyak orang.” Telah banyak dibuktikan dengan banyaknya Piagam Penghargaan dan Reward dari berbagai Instansi dan kantor tempat dimana lingkungan kerjanya, seperti :

  1. Mendapatkan Penghargaan dari Kepala BPN Bapak Joyo Winoto, sebagai Kantor Pelayanan Prima Pertanahan Terbaik II Kategori II (Jumlah layanan permohonan dari 100 sampai 1000 permohonan perbulan)dalam rangka penilaian kinerj pelayanan pertanahan tahun 2011 Tingkat Nasional.
  2. Kasten Situmorang meluncurkan program yang bernama INTAN (Inovasi Pertnahan) di BPN Pemalang, yaitu SMS Centre yang dibuka untuk dunia, dimana semua masyarakat dapat mengakses via SMS dimana posisi berkasnya, sudah selesai apa belum, dn jika ada keterlambatan pengerjaan berkas dpat mengadukan lewat SMS Centre dan semua HP pejabat dan petugas mendpat pesan yang sama.
  3. Didalam INTAN itu terdapat inovasi layanan mengenai ZONA NILAI TANAH yaitu harga tanah real dapat diakses kepada SMS dalam hitungan beberapa detik, sudah dapat diketahui harga tanah, harga tertinggi dan terendah pada setiap lokasi tanah.
  4. Kemudian ada PETA TEMATIK, yaitu membuat peta judul tertentu, sehingga dapat diakses melalui public dimana posisi letak dari kawasan industry, dimana kawasan pariwisata, pemukiman dan sebagainya. INTAN ini mendapat 33 inovasi terbaik pelayanan public Indonesia pada thun 2014 dari Sabang sampai Merauke dan satu-satunya Kantor Pertanahan di Indonesia yang masuk nominasi.
  5. Berkat inovasi Kasten mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Borokrasi (RB) merupakan salah satu dari 33 inovasi terbaik pelayanan public Indonesia tahun 2014 dari 515 peserta lomba inovasi dari Sabang sampai Merauke.
  6. Atas inovasi INTAN tersebut, Bupati Pemalang memberikan Piagam Penghargaan sebagai Dukungankepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang dan seluruh jajarannya dn beberapa kali juara Pertama serta mendapatkan penghargaan dari Kakanwil BPN mengenai PRONA dan Program lain se Jawa Tengah.
  7. Berikutnya Piagam Penghargaan dri Kementerian Agama RI Kantor Kementerian Agma Kabupaten Langkat atas tersertifikatkannya tanah wakaf di Kabupaten Langkat Sumatera Utara.
  8. Selanjutnya Piagm Penghargaan dari Rektor Universitas Sumatera Utara atas jasa Kasten Situmorang menerbitkan Sertifikat Hak Pakai Kebun Percobaan USU seluas 369,2 hektar yang sudah puluhan tahun berproses sertifikatnya.
  9. Berikutnya Piagam Penghargaan dari Kementerian PU (Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera Utara) atas jasa pengadaan tanah untuk pembangunan bendungan di Sewampu berjalan lancar, cepat dan tepat.
  10. Selanjutnya menerima Piagam Penghargaan dari Kakanwil Sumatera Utara kepada Kepala Kantor Pertanahan Langkat dan jajarannya sebagai Kantor Pertanahan Peringkat I se Sumatera Utara, System Kendali Mutu Program Pertanahan (SKMPP) Prona.
  11. Mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kakanwil Sumut kepada Kepala Kantor Pertanahan Langkat dan jajarannya sebagai Kantor Pertanahan Peringkat Kedua layanan sehari-hari kepada masyarakat se Sumatera Utara.
  12. Piagam Penghargaan dari Kapolres Langkat atas Penerbitan Sertifikat Tanah asset Polri yang berada di Wilayah Kabupaten Langkat.
  13. Piagam Penghargaan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MKM) RI sebagai “Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa 2017”.

Karir yang disandangnya saat ini, Kasten Situmorang memimpin Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara, dan beliau selalu membawa dan melahirkan inovasi-inovasi terbaru di setiap kantor dimana Kasten bertugas, diantaranya inovasi yang belum ada dan dimiliki Kantor Pertanahan manapun di Indonesia, yakni gambaran papan layar digital mengenai posisi berkas ditayangkan kepada public di Front Office tentang bagaimana jumlah berkas pada setiap meja, baik pejabat, maupun staff, termasuk juru ukur. Keuntungannya adalah para pejabat dan staff mengetahui berapa berkas dimejanya, lalu menumbuhkan budaya malu, dan public akan tahu, siapa pejabat dan staff yang loyal melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Lelaki yang hobby olahraga Tenis meja dan lapangan ini selalu tersenyum ramah bagi setiap orang yang berkunjung dikantornya di bilangan Jalan Melur dekat Kantor Polres Jakarta Utara ini, selalu berbaur dengan para klien yang membuat surat-surat sertifikat tanahnya, salam, senyum dan  sapa selalu ia sampaikan dan selalu bertanya apa yang bisa dibantu bagi para warga Jakarta Utara yang sedang berada di kantor Pertanahan Jakarta Utara yang ia pimpin saat ini.

Pemasukan ke kas daerah yang terkumpul dari warga Jakarta Utara yang mengurus sertifikat tanah tidak main-main hampir dua trilyun rupiah (Rp 2 Trilyun) hanya kurun waktu 9 bulan saja, Seperti dikatakan Kepala Kantor BPN Jakarta Utara, Kasten Situmorang, S.H., Mkn, pemasukan kita Kantor BPN Jakarta Utara saja hampir Rp. 2 trilyun, inilah segi pendapatan atau manfaatnya bagi Pemerintah Tingkat Kabupaten/Kota dan Pemerintah Republik Indonesia,”kata pria berkacamata minus ini di kantornya,belum lama ini.

Ia melanjutkan, adapun jumlah nilai Hak Tanggungan dari Januari s.d. 14 September 2017, sebesar Rp. 17.700.488.170.878,- belum lagi peredaran di masyarakat uang dari jual beli tanah yang berkembang di Jakarta Utara dan diseluruh Indonesia, inilah yang menjadi salah satu kunci menentukan kemajuan perekonomian di Indonesia,” papar Alumnus Kenotariatan S2 Universitas Pelita Harapan (UPH) tahun 2016.

Kasten Situmorang memimpin Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara, dan beliau selalu membawa dan melahirkan inovasi-inovasi terbaru di setiap kantor dimana Kasten bertugas, diantaranya inovasi yang belum ada dan dimiliki Kantor Pertanahan manapun di Indonesia, yakni gambaran papan layar digital mengenai posisi berkas ditayangkan kepada publik di Front Office tentang bagaimana jumlah berkas pada setiap meja, baik pejabat, maupun staff, termasuk juru ukur. Keuntungannya adalah para pejabat dan staff mengetahui berapa berkas dimejanya, lalu menumbuhkan budaya malu, dan publik akan tahu, siapa pejabat dan staff yang loyal melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Saya membuat inovasi ini merupakan langkah-langkah untuk mempermudah layanan terhadap masyarakat dan ini merupakan hasil dan prestasi yang nyata dari saya dan anggota-anggota saya yang telah bekerja dengan dedikatif serta maksimal untuk masyarakat,”katanya.
Salah satu Piagam penghargaan yang diberikan kepada Kasten Situmorang sebagai mantan Alumnus USU, yakni karena dinilai berjasa dalam menerbitkan aset Sertifikat Hak Pakai Nomor : 02.02.02.08.4.00001 s/d 02.02.02.08.4. 00010, seluas 369,2 Ha, atas tanah Kebun Percontohan USU Tambunan A yang terletak di Desa Perkebunan Tambunan Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu, Rektor USU waktu itu Runtung Sitepu mengaku sangat berterimakasih dengan  diterbitkannya Sertifikat kebun percontohan USU. Karena sejak dirinya menjadi mahasiswa di USU sudah dimohon haknya, tetapi tidak pernah diterbitkan.

Namun setelah Kasten Situmorang selaku Kakan BPN Langkat yang juga alumni USU dan dirinya menjadi Rektor USU  sertifikat tanah telah rampung dan  penyerahannya telah dilaksanakan di hadapan Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH  pada Kamis 13 Oktober 2016 lalu  di rumah dinas Bupati,  “katanya.

Selain itu Rektor juga  menyebut bahwa BPN Langkat dinilai ikhlas dan tulus dalam membantu pensertifikatan tanah USU dan tanpa biaya, untuk itu dirinya bangga terhadap Bapak Kasten Situmorang SH MKn yang juga alumni USU yang telah berbakti dan berkarya untuk almamater dan ini merupakan  sejarah bagi USU,”jelasnya.

Kasten Situmorang SH MKn merasa sebagai alumnus USU sangat bangga karena dapat menandatangani sertifikat tanah Kebun Percontohan USU, setelah berpuluh puluh tahun diajukan hingga akhirnya dapat terealisasi.

kemenag-1024x1024 (1)
“Saya tidak hanya bangga menerima penghargaan dari Rektor USU, namun dapat berbuat khususnya bagi alumni Fakultas Hukum USU maupun selaku almamater USU,” sebut Kasten Situmorang yang juga mendapat  penghargaan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat atas jasanya mensertifikatkan 52 persil tanah wakaf jajaran Kemenag Langkat sewaktu  menjabat  Kepala Pertanahan Kabupaten Langkat Sumatera Utara tanah kelahirannya ini.

Begitu pula penghargaan yang diraih dalam inovasi-inovasi terbaiknya bagi nusa bangsa berasal dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MKM) RI sebagai “Tokoh Inspirasi Pembangunan  Anak   Bangsa 2017”.Yang disampaikan    dalam  malam  Penganugerahan “Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa 2017” di salah satu Hotel Berbintang di Jakarta belum lama ini.

DSC_0499-1024x1024 (1)

Seperti disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MKM) Puspayoga, melalui penyelenggaraan kegiatan pemberian penghargaan seperti ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan masyarakat Indonesia melalui Yayasan Restu Bunda atas berbagai langkah pengabdian yang telah saudara-saudara berikan selama ini, dan jangan pernah lelah dan jadikan penghargaan ini sebagai tambahan energi baru dan sekaligus pendorong semangat untuk memberikan pengabdian yang lebih besar lagi bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia,”kata Menteri MKM Puspayoga dalam sambutannya.

Sudah sepantasnya Kepala Pertanahan Jakarta Utara Kasten Situmorang SH, Mkn putera asli Sumatera Utara Kelahiran Sitahuru, layak dianugerahi menyandang nama besar sebagai “Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa 2017”, sebagai innovator pengembangan positif bagi kemajuan bangsa dengan visi kedepannya selalu dipegang teguh “Menjadi hidup yang berguna bagi banyak orang.” . Selamat Berkarya Bang Kasten Situmorang, Majukan terus bangsa Indonesia ini dengan inovasimu yang positif dan berguna bagi semua orang..Horas (Mhd)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY