Sambut HUT TNI ke-71, Satgas Pamtas Yonif 407/PK Gelar Pengobatan Massal dan...

Sambut HUT TNI ke-71, Satgas Pamtas Yonif 407/PK Gelar Pengobatan Massal dan Donor Darah

345 views
0
SHARE

Kabarone.com, Merauke – Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma bekerja sama dengan Puskesmas Distrik Sota melaksanakan pelayanan kesehatan pengobatan massal di Kampung Yakyu, Distrik Sota, Merauke, Selasa (4/10). Pada pengobatan massal ini juga diikuti oleh masyarakat Papua New Guinea.

Di dalam kegiatan tersebut juga dilakukan imunisasi terhadap anak-anak, penimbangan bayi, pembagian kelambu dan pemberian alat kebersihan tubuh, seperti sabun, odol kepada masing-masing KK. Selain itu juga ada program pemeriksaan gula darah dan asam urat untuk menyaring adanya penyakit diabetes, kencing manis dan asam urat (gout).

Dusun Yakyu merupakan bagian dari Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, yang didiami oleh 23 kepala keluarga (KK) dan memiliki populasi sejumlah 109 penduduk. Untuk menuju Dusun Yakyu menggunakan transportasi perahu ketinting selama 2 jam dari Dermaga Rawa Biru dengan biaya sebesar Rp. 400.000,-. Apabila musim kemarau, menuju Dusun Yakyu menggunakan 2 sarana transportasi, yakni dengan ketinting selama 15 menit hingga ke Pulau kelapa dan dilanjutkan dengan perjalanan darat menggunakan motor selama 2 jam.

Diharapkan ke depannya akan dilaksanakan setiap bulan oleh puskesmas. Dengan bekerja sama dengan puskesmas, diharapkan menjadi perhatian bagi pemerintah daerah, dalam hal ini dinas kesehatan Kabupaten Merauke sehingga masyarakat lebih diperhatikan mengenai kesehatannya. Jika melihat lokasi Kampung Yakyu yang terpencil dengan medan berawa dan jalur transportasi yang sulit sangat diperlukan adanya fasilitas kesehatan untuk masyarakat,” ujar Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Abi Kusnianto saat diwawancara bersama petugas kesehatan Puskesmas Distrik Sota, dr. Dewi.

Sekitar 80 orang mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan tersebut, termasuk di dalamnya warga masyarakat dari Papua New Guinea. “Masyarakat mengharapkan adanya fasilitas kesehatan seperti Pustu dan petugas kesehatan sehingga pelayanan kesehatan dapat dilayani setiap saat. Selama ini masyarakat selalu meminta bantuan ke Pos (Satgas Yonif 407/PK-red) apabila ada warga yang sakit karena untuk menuju Rawa Biru butuh waktu yang lama, ” ujar Kepala RT Dusun Yakyu, Raily Bayau Maiwa.

Sementara itu, bertempat di Kampung Tomer, Satgas Pamtas Yonif 407/PK bekerja sama dengan PMI Cabang Merauke mengadakan kegiatan donor darah menyambut HUT TNI ke-71. Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa donor darah itu baik untuk kesehatan.

Sumber : Kapten Chk Sandro Sagala (Perwira Hukum Satgas Pamtas Yonif 407/PK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY