Berhasil Gagalkan Pemerkosaan Gadis Dibawah Umur, Babinsa Koramil 09 Dapat Penghargaan Danrem...

Berhasil Gagalkan Pemerkosaan Gadis Dibawah Umur, Babinsa Koramil 09 Dapat Penghargaan Danrem 071/Wk

155 views
0
SHARE

Kabaone.com, Jawa Tengah – Sertu Suratman Babinsa Koramil 09/Karangreja Kodim 0702/Pbg yang menggagalkan aksi pemerkosaan yang dilakukan empat pemuda terhadap gadis dibawah umur beberapa hari lalu, mendapat penghargaan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi.

Penyerahan piagam penghargaan dan 1 unit sepeda motor Honda keluaran terbaru, diserahkan secara langsung oleh Danrem 071/Wk disaksikan Dandim 0702/Pbg, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Purbalingga mewakili Bupati Purbalingga, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan para wirausahawan Purbalingga.

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Babinsa Koramil 09/Karangreja Kodim 0702/Pbg atas tindakannya memberikan perlindungan dan keselamatan warganya.

“Tindakan ini perlu mendapat perhatian bagi kita semua bahwa stabilitas keamanan yang ada diwilayah kita perlu kita atensi yang seksama”, ungkapnya.

Dikatakan Danrem bahwa seperti yang terjadi beberapa hari lalu, yang apalagi dalam puasa Ramadhan juga terjadi perbuatan yang tidak terpuji diwilayah kita. Oleh karena itu, kepada seluruh prajurit dan PNS yang ada dilingkungan Kodim 0702/Pbg untuk meningkatkan kinerja, meningkatkan naluri intelijennya.

Dikatakan pula bahwa negara kita saat ini ancaman cukup tinggi, ditetangga kita Marawi ada ISIS kemudian dari pengarahan Panglima TNI ada kantong-kantong diwilayah kita. Karena itu kita wajib untuk mengajak seluruh warga masyarakat untuk bahu membahu mengamankan wilayah kita. Kita harus bisa menciptakan stabilitas keamanan yang mantap sehingga pembangunan diwilayah kita bisa berjalan dengan lancar.

Hal tersebut juga teriring dengan pesan moral Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa janganlah kita berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya, sebatang lidi tidak berarti apa-apa tetapi dalam satu ikatan sapu akan menyapu segala-galanya.

“Bertitik tolak dari pesan moral Panglima Besar Jenderal Sudirman ini, saya mengajak seluruh prajurit dan PNS untuk bersama-sama dengan masyarakat di Purbalingga ini untuk menjaga keamanan, menjaga stabilitas keamanan dinegara kita dan diwilayah kita untuk bisa kita ciptakan suasana aman diwilayah ini”, ungkapnya.

“Tingkatkan kepekaan naluri kita sehingga kita menjadi prajurit bagian dari warga masyarakat Purbalingga khususnya, yang bermanfaat sehingga kita bisa menciptakan stabilitas keamanan yang mantap diwilayah kita”, lanjutnya.

“Mudah-mudahan dengan apa yang dilakukan dan diperbuat rekan kita, saudara kita ini, menjadi penyemangat kita semua sehingga kinerja kita menjadi lebih baik, menjadi warga yang bermanfaat sehingga kita dapat andil dalam pembangunan yang sedang berjalan diwilayah kita”, pungasnya.

Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Kesra Pemkab Purbalingga dalam sambutannya mewakili Bupati Purbalingga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang dilakukan Babinsa Koramil 09/Karangreja Kodim 0702/Pbg dari Desa Danasari yang telah menggagalkan tindakan tidak senonoh, kejadian yang memprihatinkan bagi kita semua.

“Alhamdulillah perbuatan tidak senonoh bisa digagalkan dan ditangani Babinsa Desa Danasari, untuk itu kami atas nama pemerintah daerah Purbalingga dan masyarakat menyampaikan terima kasih, semoga kedepannya tidak terjadi dan terulang lagi perbuatan yang tidak terpuji ini di masyarakat”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Pembangunan dan Kesra Pemda Purbalingga menyampaikan tugas-tugas Babinsa yang ada dipelosok Purbalingga perlu mendapat perhatian khusus, sehingga dengan adanya kejadian ini Pemda akan memberikan perhatian khusus.

Seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu, terjadi perbuatan tidak senonoh yang dilakukan empat pemuda melakukan percobaan pemerkosaan gadis dibawah umur di hutan Siregol Dusun Karang Gintung Desa Sirau Kec.Karangmoncol Kab.Purbalingga, Jumat (16/6).
Percobaan tindak perkosaan terhadap gadis belia Nur, ES (15) pelajar warga Desa Kertanegara Rt.01/3 Kec.Kertanegara yang dilakukan pelaku Aj (17) dan Lukm (17) buruh keduanya warga Dukuh Purbadana Desa Kalijaran Rt.5/6 Kec.Karanganyar, dan Jeri (18), Andi (31) buruh keduanya warga Dukuh Karangkabur Rt 3/2 Desa/Kec.Kertanegara Purbalingga.
Digagalkan Sertu Suratman Babinsa Koramil 09/Karangreja Kodim 0702/Pbg saat akan pulang setelah melaksanakan tugas di desa binaannya di Kec.Karangjambu menuju Kec.Karangmoncol melewati Desa Sirau.

Kejadian penggagalan tindak kejahatan perkosaan bermula saat Sertu Suratman melintas hutan desa sirau pukul 13.30 WIB mendapati dua sepeda motor yang parkir dipinggir jalan tanpa ada yang menunggu.
Mendapati hal demikian, naluri sebagai prajurit melihat hal yang mencurigakan muncul dan kemudian langsung mengecek dan mencari keberadaan sipengendara. Dengan naluri tajam, Sertu Suratman menemukan keberadaan sipengendara motor dan mendapai sedang melakukan tindakan tidak senonoh terhadap seorang gadis yang sudah tidak sadar akibat dicekoki miras oleh keempat pelaku.
Melihat kejadian tersebut, Sertu Suratman langsung bertindak untuk menggagalkan perbuatan keempat pelaku dengan menendang dan menerjang para pelaku.
Mengetahui perbuatannya diketahui orang, keempat pelaku langsung kabur meninggalkan korbannya.
Pada kesempatan tersebut, melintas warga dan menanyakan kepada Sertu Suratman, setelah dijelaskan Sertu Suratman bersama warga tersebut mengejar keempat pelaku dan alhasil mereka tertangkap disekitar tidak jauh dari lokasi kejadian disungai tambra dukuh karanggintung desa sirau.
Usai keempat pelaku tertangkap kemudian diserahkan ke Polsek Karangmoncol dan korban diantar pulang kerumahnya di Dukuh Purnadarma Desa Kertanegara Kec.Kertanegara Kab.Purbalingga.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY