Provinsi Kaltara Akan Perkuat Sektor Maritim Untuk Perkuat Ekonomi Rakyat

Provinsi Kaltara Akan Perkuat Sektor Maritim Untuk Perkuat Ekonomi Rakyat

185 views
0
SHARE

Kabarone.com, Kaltara – Sebagai provinsi yang wilayah perairannya sangat luas, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, kemaritiman Kaltara memiliki peran strategis, yang membutuhkan perhatian dan partisipasi seluruh stakeholder, agar dapat dimanfaatkan dengan baik, guna kesejahteraan masyarakatnya.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio, di sela-sela mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kemaritiman yang diselenggarkan oleh Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman RI. Rakor dengan tema “Indonesia Poros Maritim Dunia : Dari Sumpah Palapa Sampai Nawacita” itu, dilaksanakan di Gedung Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (4/5).

Wagub mengatakan, Kaltara memiliki Sumber Daya Alam (SDA) kelautan dan perikanan yang melimpah. Selain itu, posisi geografis yang strategis, karena berbatasan langsung laut Malaysia dan Filipina. Hal ini membuat Kaltara berpotensi besar menjadi salah satu kekuatan ekonomi Indonesia, terutama di sektor kemaritiman.

Dalam Rakor yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut, wagub berharap ada kesepahaman antara Pemerintah pusat dan daerah, guna perbaikan pengelolaan segala potensi maritim yang baik dan bijaksana.

Selain Presiden Jokowi, Rakor kemarin juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, beberapa menteri kabinet kerja, duta besar negara sahabat, serta para kepala daerah se Indonesia.

“Dengan berkumpulnya semua stakeholder kemaritiman pada kegiatan hari ini, saya berharap pembangunan maritim Indonesia akan berjalan lebih cepat dan substantif. Dari rakor ini juga, dapat ditemukan, didiskusikan dan dicari penyelesaian kendala-kendala yang selama ini dihadapi oleh setiap daerah,” ujarnya.

Pontesi sektor kelautan dan perikanan Indonesia, yang disebutkan Presiden mencapai 19.000 triliun lebih, harus dikelola dengan baik dan maksimal. “Jika pengelolaan yang kita lakukan monoton dan tidak berinovasi, jangan harap angka sebesar potensi ini bisa kita dapatkan. Ini pekerjaan besar dan harus kita perhatikan dengan baik,” ujar wagub mengutip arahan presiden.

Wagub meyakini, potensi perikanan dan kelautan di Kaltara dapat dikelola, dengan inovasi dan teknologi yang efektif. Sehingga akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat. “Karena itu saya menghimbau agar seluruh pihak terkait, untuk memperhatikan dengan serius pengelolaan sektor kemaritiman ini dengan baik dan bijak. Artinya kita memperoleh hasil maksimal, namun tidak merusak alam,” pungkasnya. (hms)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY